Fungsi Ikon Tools Microsoft Word
Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi pengolah kata MS Word yang memiliki begitu banyak ikon tools yang dapat membantu mempermuda pekerjaan. Fungsi tools dan ikon menu serta ribbon tool atau sub menu memiliki perannya masing masing di dalam microsoft word. Berikut ini penjelasan tentang fungsi, pengertian dan kegunaan ikon tools tersebut bagi yang masih baru atau kurang paham tentang MS Word, simak penjelasan dibawah ini.
Fungsi ikon tools menu Microsoft Word.
icon tools menu atau ikon merupakan gambar atau simbol yang memiliki fungsi tersendiri dalam aplikasi MS Word. Mengetahui dan memahami fungsi menu menu icon bar tools sangat berguna untuk membuat kita mahir dan menguasai Microsoft word. Fungsi ikon tools Microsoft Word pada versi 2007, 2010, 2013, 2016, pada intinya tidak begitu berbeda jauh.Quick Acces Toolbar.
Quick acces toolbar berada disamping kiri atas jendela Microsoft Office yang didalamnya ialah beberapa fitur atau tombol-tombol perintah untuk akses cepat di saat kita bekerja. Berikut tombol ikon submenu Quick Acces Toolbar.
- Save. Save berfungsi untuk simpan file dari dokumen word yang lagi aktif. Gunakan tombol (Ctrl + S).
- Undo. Undo dipakai untuk mengulang perintah paling akhir. Gunakan tombol (Ctrl + Z).
- Redo. Redo dipakai untuk membatalkan proses undo. Gunakan tombol (Ctrl + Y).
- New. New dipakai untuk membuka file dokumen MS Word yang baru. Gunakan tombol (Ctrl + N).
- Open. Open berfungsi untuk buka file yang sudah tersimpan.
- Quick Print. Quick Print dipakai untuk akses perintah cepat mencetak dokumen.
- Print Preview. Print Preview dipakai untuk menunjukkan preview penampilan dokumen saat sebelum file itu dicetak.
- Draw Table. Draw Table dipakai untuk menyelipkan tabel pada dokumen MS Word yang dibentuk.
- Spalling & Grammar. Spalling & Grammar dipakai untuk periksa ejaan dan tata bahasa dari teks yang dibentuk pada dokumen.
Tab Menu.
Tab Menu Adalah kumpulan tab yang terbagi dalam 8 Menu standar yang dapat digunakan yaitu :
Menu File.
Menu file ialah menu utama pada microsoft word yang fungsi pentingnya untuk membuat lembar kerja baru, simpan dokumen, meng-export file, buka data word yang pernah dibuat, dan tutup lembar kerja. Memiliki 12 sub menu yaitu :
- Save. Save berfungsi Untuk simpan dokumen ms word.
- Save As. Save As pada prinsipnya memiliki guna yang hampir sama dengan Save. Namun sub menu Save As mempunyai kegunaan yang lebih detil seperti pilih lokasi penyimpanan dan membuat perubahan jenis file.
- Open. Open berfungsi untuk buka file yang ada tersimpan dalam perangkat kamu.
- Close. Close dapat di pakai untuk menutup dokumen yang sedang dibuka.
- Info. Info berfungsi untuk memberikan isi informasi dari dokumen yang sedang dikerjakan.
- Recent. Recent digunakan untuk Memunculkan daftar dokumen yang sebelumnya pernah kamu buka atau kerjakan.
- New. New berfungsi untuk membuka atau membuat lembar kerja baru.
- Print. Print digunakan untuk mencetak (Mengeprint) dokumen yang sudah dibuat.
- Save & Send. Save & Send dipakai untuk simpan dokumen dan mengirimnya sesuai dengan fitur yang anda pilih seperti send using e-mail.
- Help. Help dapat digunakan sebagai Bantuan jika kamu alami masalah waktu memakai Ms Word.
- Options. Options dapat berfungsi sebagai menu yang berisi bermacam submenu untuk lakukan koreksi penampilan dokumen/lembar kerja.
- Exit. Exit digunakan untuk tutup dan keluar dari program Microsoft word
Menu Home.
Menu Home berfungsi memberikan akses ke beberapa tombol submenu untuk mengedit dokumen teks yang sedang di kerjakan, dan tiap submenu home memiliki beberapa ribbon yang dipishakan oleh garis. Berikut Submenu pada Menu Home:
- Clipboard. Sub menu Clipboard pada menu Home memiliki beberapa ikon Ribbon group yang memiliki fungsinya masing-masing.
- Paste. Paste Berfungsi untuk menempelkan text atau objek baik gambar/tabel yang sebelumnya sudah disalin. Gunakan tombol (Ctrl + V).
- Copy. Copy dapat digunakan menyalin atau meng-copyteks atau obyek. Gunakan tombol (Ctrl + C).
- Cut. Cut berfungsi sebagai pemotong sekaligus memindahkan text atau objek. Gunakan tombol (Ctrl + X).
- Format Painter. Format Painter dapat digunakan untuk mengikuti alias menyalin pola satu halaman lembar kerja untuk dipakai pada halaman lain. Gunakan tombol (Ctrl + Shift + C).
- Font. Font digunakan untuk mengganti dan mengatur font baik itu warna, ukuran, tipe dan bermacam efek yang lain.
- Font. Font berfungsi untuk memilih tipe huruf yang akan di pakai. Gunakan tombol (Ctrl + Shift + F).
- Font Size. Font Size digunakan untuk mengontrol ukuran huruf yang akan di pakai. Gunakan tombol (Ctrl + Shift + P).
- Grow Font. Grow Font digunakan untuk membesarkan ukuran huruf sejumlah 2 piksel. Gunakan tombol (Ctrl + Shift + >).
- Shrink Font. Shrink Font berperan untuk mengecilkan ukuran huruf sejumlah 2 piksel. Gunakan tombol (Ctrl + Shift + <).
- Change Case. Change Case dapat juga digunakan untuk mengganti posisi di antara huruf kapital dengan huruf kecil pada text dipilih.
- Clear Formatting. Clear Formatting digunakan untuk menghapus pola teks yang dipilih.
- Bold B. Bold B dipakai untuk menebalkan teks. Gunakan tombol (Ctrl + B).
- Italic I. Italic I berfungsi untuk memiringkan teks yang. Gunakan tombol (Ctrl + I).
- Underline U. Underline U digunakan untuk membuat garis bawah pada teks. Gunakan tombol (Ctrl + U).
- Strikethrough abc. Strikethrough abc dapat digunakan untuk memberikan garis di tengah kalimat padat teks.
- Subscript. Subscript berperan untuk membuat karakter pemangkatan (di bawah). Gunakan tombol (Ctrl + =).
- Superscript. Superscript berfungsi untuk membuat karakter pemangkatan (di atas). Gunakan tombol (Ctrl + Shift+ +).
- Text Highlight Color. Text Highlight Color berfungsi untuk memberi warna latar belakang teks yang dipilih.
- Font Color. Font Color digunakan untuk mengganti warna teks yang dipilih.
- Paragraph. Paragraph merupakan kelompok berisi ikon yang berperan untuk mengontrol dan mengatur paragraph pada dokumen.
- Bullet. Bullet berfungsi untuk menambah bullet dan bermacam tanda yang lain pada teks dengan pola listing.
- Numbering. Numbering digunakan untuk menambah pola penomoran secara otomatis pada dokumen.
- Multilevel list. Multilevel list adalah tanda yang dipakai untuk membuat daftar item yang mempunyai tingkat yang lain, tingkat ini dapat dipakai untuk mode bullets atau numbering.
- Decrease Indent. Decrease Indent dipaki untuk menggeser paragraf dokumen ke bagian kiri.
- Increase Indent. Increase Indent dipaki untuk menggeser paragraf dokumen ke bagian kanan.
- Sort. Sort digunakan untuk untuk menyortir data.
- Show/Hide. Show/Hide berfungsi untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph. Gunakan tombol Ctrl+Shift+*.
- Aligment Left. Aligment Left dapat membuat teks menjadi rata kiri. Gunakan tombol (Ctrl+L).
- Aligment Center. Aligment Center berfungsi membuat teks menjadi rata tengah. Gunakan tombol (Ctrl+E).
- Aligment Right. Aligment Right membuat teks jadi rata kanan. Gunakan tombol (Ctrl+R).
- Justify. Justify berfungsi untuk menjadikan teks rata kanan dan kiri. Gunakan tombol (Ctrl+J).
- Line and Paragraph. Line and Paragraph dapat mengontrol dan menyesuaikan jarak antar baris pada dokumen.
- Shading. Shading berfungsi untuk merubah warna pada bagian latar teks.
- Bottom Border. Bottom Border dipakai untuk menambah garis pinggir/border pada teks.
- Styles. Styles berfungsi untuk formatting teks yang dapat diatur kemudian dapat digunakan kembali saat pengetikan dokumen baru tanpa harus membuatnya lagi. Styles berisi Ribbon Group.
- Heading Styles. Heading Styles berfungsi untuk membuat format judul/subjudul dan paragraf yang sudah dipilih.
- Change Styles. Change Styles digunakan untuk melakukan pilihan pengaturan tema paragraf.
- Editing. Editing digunakan untuk melakukan proses editing pada dokumen.
- Find. Find memiliki fungsi untuk mencari dan mendapati kata tertentu dalam dokumen.
- Replace. Replace berperan untuk mencari dan menukar kata tertentu yang kita perlukan.
- Select. Select digunakan Untuk memilih/memblock objek teks pada dokumen.
Menu Insert.
Menu Insert dipakai untuk memasukkan objek ke dalam dokemun. Dalam menu ini ada tujuh Ribbon Grup yaitu:
- Pages. Pages memiliki beberapa ikon tools yang dapat digunakan untuk mengatur dan menyesuaikan halaman pada lembar kerja, yaitu:
- Cover Page. Cover Page berperan untuk memberi sampul pada halaman.
- Blank Page. Blank Page berperan untuk menyelipkan halaman kosong.
- Page Break. Page Break berperan untuk memutus halaman dan bersambung pada halaman selanjutnya.
- Table.
- Illustrations. Illustrations berfungsi untuk memasukkan gambar, chart, clipart atau tabel dan lain-lain ke dokumen dan memiliki beberapa ikon tool Ribbon group seperti :
- Picture. Picture dapat digunakan untuk memasukan atau menyisipkan gambar dari file penyimpanan anda.
- Clip Art. Clip Art dapat juga memasukan clipt art atau gambar yang ada atau tersedia.
- SmartArt. SmartArt dapat memasukan dan menyisipkan berbagai macam obyek seperti struktur organisasi, chart dll dalam halaman dokumen.
- Chart. Chart untuk menambahkan diagram/grafik pada halaman dokumen.
- Screenshoot. Screenshoot digunakan untuk mengambil tangkapan layar atau gambar layar.
- Links. Links dapat kamu gunakan untuk memasukan atau menghubungkan Url/Link tautan dokumen ke objek lainnya. Ikon Ribbon group tool yang ada pada Links.
- Hyperlink. Hyperlink adalah Simbol tool yang berperan untuk memasukkan satu link/url situs tertentu ke dalam dokumen.
- Bookmark. Bookmark dapat digunakan untuk menyambungkan satu bagian dari dokumen dengan bagian yang lain.
- Cross-reference. Cross-reference dapat dipakai untuk menyambungkan satu teks dengan satu objek (gambar, tabel, dan lain-lain) yang masih berada dalam satu dokumen yang sama.
- Header & Footer. Header & Footer digunakan untuk mengatur bagian Header dan Footer satu dokumen.
- Header. Header berfungsi untuk menambahkan teks dan objek pada bagian header. (bagian atas pada halaman dokumen.)
- Footer. Footer berperan untuk menambah teks atau object pada bagaian footer. (yakni bagian bawah pada tiap halaman dalam dokumen).
- Page Number. Page Number berfungsi untuk meberikan penomoran pada tiap halaman.
- Text. Text memiliki fungsi untuk membuat teks dengan bermacam efek dan bentuk, Seperti :
- Text Box. Text Box untuk membuat satu kotak kosong yang dapat diisi teks ke dalam dokumen.
- Quick Parts. Quick Parts dapat menambahkan bermacam objek ke dalam lembar kerja MS Word.
- Word Art. Word Art dapat menambah beragam efek menawan ke satu teks.
- Drop Cap. Drop Cap digunakan untuk membuat huruf pertama pada paragraf tertentu supaya tampak semakin besar dibanding huruf-huruf yang lain.
- Signature Line. Signature Line dipakai untuk menambah tempat membubuhkan tanda-tangan.
- Date & Time. Date & Time untuk Menambah tanggal ke dalam Word.
- Object. Object dipaki untuk menambah object tertentu ke dalam dokumen.
- Symbol. Symbol berguna untuk menyisipkan berbagai symbol umum.
- Equation. Equation digunakan menambah bermacam simbol yang biasa dipakai dalam matematika ke dalam lembar kerja.
- Symbol. Symbol dapat dipaki menambah bermacam-macam ikon ke dalam lembar kerja.
Menu Page Layout.
Di Page Layout memiliki bermacam ikon yang mempunyai peranan untuk mengontrol dan menyesuaikan segalanya yang terkait dengan halaman lembar kerja MS Word.
- Themes. Themes digunakan untuk mengatur topik dan penampilan halaman lembar kerja ms word.
- Themes. Themes digunakan untuk memilih tema dokumen, yang mencakup warna halaman dan warna hurufnya.
- Color. Color berperan untuk mengontrol warna tema halaman.
- Fonts. Fonts bisa dipakai untuk mengatur tema huruf yang akan diaplikasikan ke halaman.
- Effects. Effects digunakan mengontrol dampak tema pada objek yang ada di halaman dokumen.
- Page Setup. Page Setup mempunyai manfaat untuk mengontrol segalanya yang terkait dengan halaman.
- Margins. Margins dapat mengatur dan Menyesuaikan batas pinggir dari suatu dokumen.
- Orientation. Orientation digunakan untuk memastikan apakah dokumen akan berupa horizontal atau vertical (Portrait, Landscape).
- Size. Size untuk mengatur panjang ukuran dan lebar halaman dokumen.
- Columns. Columns mengatur jumlah teks akan dibagi menjadi berapa kolom.
- Line Numbers. Line Numbers memberi penomoran pada tiap baris text.
- Hyphenation. Hyphenation bermanfaat Untuk memisahkan di antara kata dengan penyambung.
- Page Background. Page Background ialah kelompok tanda yang memiliki peranan untuk mengontrol beragam dampak pada lembar kerja.
- Watermark. Watermark Untuk memberi watermark pada lembar kerja.
- Page Color. Page Color Untuk memilih warna pada lembar kerja.
- Page Border. Page Border memberi garis tepi pada dokumen.
- Paragraph. Paragraph digunakan untuk mengontrol dan mengatur paragraf di lembar kerja.
- Indent. Indent dipakai untuk menambah atau mengurangi jarak teks dari tepi.
- Spacing. Spacing Untuk Menentukan jarak antar paragraf dalam dokumen.
- Arrange. Arrange bermanfaat untuk mengendalikan penampilan pola objek di lembar kerja dan memiliki beberapa tool ikon sub menu.
- Indent. Position memiliki fungsi untuk mengendalikan status object atau foto pada suatu halaman.
- Wrap Text. Wrap Text untuk mengatur posisi objek dan dengan posisi teks.
- Bring Forward. Bring Forward untuk menempatkan satu objek di muka object lain.
- Send Backward. Send Backward untuk menempatkan satu objek ada di belakang objek lain.
- Selection Pane. Selection Pane berperan memperlihatkan panel navigasi pada objek.
- Align. Align berperan untuk mengendalikan status objek terpilih di halaman.
- Group. Group berfungsi untuk mengategorikan beberapa object jadi satu.
- Rotate. Rotate berperan untuk memutar object yang dipilih
Menu References.
References memiliki beberapa Ribbon Grup yang masing-masingnya mempunyai peranan tertentu. namun menu ini termasuk cukuplah jarang digunakan oleh pemakai ms word.
- Table of Contents. Table of Contents berperan untuk membuat dan mengelolah daftar isi pada dokumen.
- Add Text. Add Text untuk mengelolah paragraph dipilih dalam rincian isi yang telah dibentuk.
- Update Table. Update Table untuk memperbaharui daftar isi yang sudah dibuat.
- Footnotes. Footnotes berfungsi untuk membuat catatan kaki pada lembar kerja di MS Word.
- Insert Footnote. Insert Footnote berperan mau membuat catatan kaki di bagian bawah halaman.
- Inset Endnote. Inset Endnote untuk membuat catatan diakhir bab/halaman.
- Next Footnote. Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote yang telah di buat.
- Show Notes. Show Notes untuk menghadirkan posisi catatan footnote atau endnote.
- Citations & Bibliography. Citations & Bibliography untuk menyelipkan dan mengelola cuplikan langsung.
- Insert Citation. Insert Citation berperan untuk menyelipkan kutipan langsung pada daerah yang dipilih.
- Manage Sources. Manage Sources untuk mengelolah semua sumber cuplikan yang telah di selipkan pada file dokumen.
- Style. Style untuk pilih bentuk daftar pustaka yang dikehendaki.
- Bibliography. Bibliography berperan untuk menyelipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen.
- Captions. Captions berfungsi menjadi tempat memberikan keterangan tentang contoh atau gambar pada microsoft word.
- Insert Caption. Insert Caption untuk menambah info pada contoh atau gambar yang telah ada.
- Insert Table of Figures. Insert Table of Figures memiliki fungsi untuk menambah daftar isi gambar yang dimasukkan pada dalam dokumen.
- Update Table. Update Table untuk lakukan penyempurnaan pada table daftar gambar.
- Cross-reference. Cross-reference berperan untuk menyatukan rekomendasi teks dan objek.
- Index. Index berfungsi memberikan arti dan tema yang dibahas dalam dokumen.
- Mark Entry. Mark Entry berperan untuk mengidentifikasi input baru dalam dokumen.
- Insert Index. Insert Index untuk menyelipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
- Update Index. Update Index berfungsi untuk mengubah daftar indeks yang sudah ada.
- Table of Authorities. Table of Authorities berfungsi untuk menambah daftar Authorities pada dokumen Microsoft Word.
- Mark Citation. Mark Citation untuk menganalisis kutipan.
- Insert Table of Authorities. Insert Table of Authorities berperan untuk membuat daftar cuplikan.
- Update Table. Update Table untuk mengupdate daftar cuplikan yang sudah ada.
Menu Mailings.
Mailings untuk membuat link yang akan tersambung ke dalam database yang sudah dibentuk.
- Create. Create bermanfaatnya untuk membuat tulisan pada amplop surat atau label dengan ukuran dan wujud sesuai pilihan atau kemauan kita.
- Envelopes. Envelopes untuk membuat dan cetak amplop/surat.
- Labels. Labels untuk membuat dan cetak merek.
- Start Mail Merge.
- Start Mail Merge. Start Mail Merge untuk membuat surat yang umum atau berbentuk e-mail untuk dikirimkan ke banyak orang.
- Select Recipients. Select Recipients untuk membuat daftar yang menerima surat.
- Edit Recepient List. Edit Recepient List untuk mengganti daftar penerima surat.
- Write & Insert Fields. Write & Insert Fields berfungsi untuk mengatur dan menyortir tulisan.
- Highlight Merge Fields. Highlight Merge Fields berperan untuk memudahkan mengganti input yang keliru.
- Greeting Line. Greeting Line untuk menambahkan nama panggilan.
- Insert Merge Field. Insert Merge Field berperan untuk menambahkan info tentang penerima surat.
- Rules. Rules berfungsi untuk memberi garis dalam surat.
- Match Fields. Match Fields berperan untuk membanding-bandingkan surat.
- Update Labels. Update Labels berperan untuk memperbaharui label surat.
- Preview Results.
- Preview Results. Preview Results untuk melihat atau mengganti surat yang telah tuntas dibuat.
- Find Recipient. Find Recipient untuk cari atau mendapati orang yang akan menerima surat.
- Auto Check for Errors. Auto Check for Errors berperan untuk memeriksa kekeliruan dalam surat.
- Finish.
- Finish & Merge. Finish & Merge untuk merampungkan dan menyatukan surat.
- Finish. Finish untuk menyelesaikan surat
Menu Review.
Review berperan untuk mengevaluasi lembar kerja dimulai dari pengujian spelling sampai grammar yang terkait dengan tata bahasa, sampai penghitungan jumlah kata, bahasa yang sering digunakan.
- Proofing. Proofing melakukan pemeriksaan pada dokumen dalam hal ejaan dan tata bahasa.
- Spelling & Grammar. Spelling & Grammar menjalankan pengecekan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam satu dokumen.
- Thesaurus. Thesaurus untuk memeriksa ulangi pembendaharaan kata.
- Research. Research untuk mengenali data pengulangan kata.
- Word Count. Word Count memberi data mengenai jumlah halaman, kata, karakter, paragraf, dan baris yang ada dalam dokumen.
- Language. Language berfungsi untuk menterjemahkan bahasa di word.
- Translate. Translate buat menterjemahkan data.
- Language. Language menjalankan layanan penerjemah bahasa.
- Comments. Comments berfungsi untuk komentar.
- New Comment. New Comment digunakan memasukkan tanggapan baru.
- Delete. Delete sebagai penghapus komentar.
- Previous. Previous dipakai dalam melihat komentar baru.
- Next. Next menunjukkan komentar selanjutnya.
- Tracking. Tracking dipaki untuk mempermuda pengguna untuk melihat secara jelas perubahan apa yang dibentuk dan siapakah yang membuat dalam dokumen.
- Track Changes. Track Changes Mengidentifikasi teks yang baru dirubah bentuknya.
- Final: Show Markup. Final: Show Markup untuk tampilkan tanda finising atau tuntas.
- Show Markup. Show Markup untuk tampilkan isyarat atau mengidentifikasi penampilan.
- Reviewing Pane. Reviewing Pane untuk memeriksa ulangi tulisan.
- Changes. Changes berperan untuk terima, menolak, dan melihat perubahan pada dokumen yang ada.
- Accept. Accept berperan menerima perubahan baru saran perubahan.
- Reject. Reject untuk mengulang-ulang atau melihat data apa yang sudah di buang.
- Previous. Previous memiliki fungsi sebagai navigasi dalam memperlihatkan perubahan sebelumnya dalam dokumen yang akan diterima atau menolak perubahan itu.
- Next. Next untuk melanjutkan perubahan di dalam dokumen yang akan diterima atau ditolak.
- Compare.
- Protect. Protect berperan untuk tempat pemblokir dan pemisah pengelolahan dokumen oleh pengguna-pengguna tertentu.
- Block Authors. Block Authors memiliki fungsi untuk memblok penulis lain buat mengubah teks khusus dalam dokumen.
- Restrict Editing. Restrict Editing berfungsi untuk membatasi bagaimana cara mengedit dan memformat bagian-bagian tertentu dari dokumen.
Menu View.
View berperan untuk mengatur tampilan dokumen pada layar.
- Document Views. Document Views memiliki kegunaan untuk memilih tampilan dokumen yang diperlukan seperti tampilan dua halaman atau lebih, tampilan untuk pencetakan, tampilan layar penuh, tampilan versi situs, tampilan outline, dan draf.
- Print Layout. Print Layout memiliki fungsi untuk menampilkan dokumen berbentuk tampilan halaman siap cetak.
- Full Screen Reading. Full Screen Reading berperan untuk memperlihatkan dokumen pada sebuah layar penuh.
- Web Layout. Web Layout berfungsi untuk menampilkan dokumen berbentuk tampilan halaman situs atau blog.
- Outline. Outline berperan untuk menampilkan dokumen berbentuk tampilan halaman outline (berdasar garis besar isi dokumen).
- Draft. Draft berfungsi untuk menghadirkan dokumen berbentuk tampilan halaman draft (ide) yang bisa dipakai untuk membenahi teks dengan cepat.
- Show. Show memiliki manfaat untuk menampilkan alat bantu pemrosesan dokumen seperti penggaris, grid, dan navigator.
- Ruler. Ruler berperan untuk menampilkan atau menyembunyikan penggaris yang dipakai untuk mengukur dan menyusun objek dalam dokumen.
- Gridlines. Gridlines berfungsi untuk menghadirkan atau menyembunyikan garis semu (seperti kertas berpetak) yang berguna untuk menyesuaikan objek dalam dokumen.
- Navigation Pane. Navigation Pane befungsi untuk buka panel penelusuran, sehingga memungkinkannya pengguna program Microsoft Word untuk lakukan pencarian baik dengan judul atau halaman, bahkan juga untuk penelusuran teks atau object.
- Zoom. Zoom untuk mengatur berbagai hal yang berhubungan besar kecilnya tampilkan lembar kerja word di layar monitor.
- Zoom. Zoom berperan untuk menampilkan kotak dialog Zoom yang dipakai untuk memastikan tingkat perbesaran tampilan dokumen.
- 100%. 100% memiliki fungsi untuk memastikan perbesaran tampilan dengan ukurang 100% (ukuran normal).
- One Page. One Page berperan untuk memperlihatkan dokumen dengan tampilan hanya satu halaman dokumen saja.
- Two Page. Two Page berperan untuk menampilkan dokumen dengan tampilan dua halaman dokumen.
- Page Width. Page Width berperan untuk menghadirkan dokumen dengan tampilan lebar halaman yang maksimum.
- Windows. Windows bermanfaat untuk mengatur tampilan beberapa lembar kerja yang tengah dibuka.
- New Window. New Window berperan untuk buka dokumen baru yang memiliki isi sama persis dengan dokumen yang sedang dibuka.
- Arrange All. Arrange All berfungsi untuk menampilkan seluruh dokumen Microsoft Word yang lagi aktif pada sebuah jendela hingga pemakai bisa melihat semua dokumen yang aktif dengan ukuran yang sama dan dalam kurun waktu bersamaan.
- Split. Split memiliki fungsi untuk memperlihatkan dokumen pada situasi terbagi menjadi dua supaya pengguna bisa lihat sisi yang lain dari dokumen yang sama di saat berbarengan.
- View Side by Side. View Side by Side berperan untuk menghadirkan kotak dialog Compare Side by Side yang berguna untuk melihat dokumen yang lagi aktif bertepatan dengan 1 dokumen yang lain terdapat dalam kotak dialog Compare Side bay Side.
- Synchronous Scrolling. Synchronous Scrolling berfungsi untuk mengontrol gerakan scrooll apakah buat satu dokumen saja atau mungkin dua dokumen yang sudah ditunjukkan.
- Reset Window Position. Reset Window Position berperan untuk mengontrol ulang perubahan status di antara dua dokumen yang tampil (kiri berpindah ke kanan atau kebalikannya).
- Switch Windows. Switch Windows berperan untuk lakukan perubahan dokumen Word yang terbuka pada halaman khusus dengan dokumen Word yang lain.
- Macros.
Table memiliki fungsi untuk menyelipkan/membuat tabel pada lembar kerja.
Compare berperan dalam membanding-bandingkan dan menyatukan beberapa versi dokumen.
Macros berfungsi untuk lihat, buat dan hapus daftar macro. Ikon ini berfungsi untuk merekam satu macro atau terima penyusunan macro yang lain.
Demikianlah fungsi tools dan ikon menu beserta ribbon tool atau sub menu di Microsoft Word, selamat mempraktekan serta menambah wawasan pengetahuan di MS Word...!! terima kasih.